November 13, 2010

Memecahkan Kriptografi dengan Chosen-Plaintext Attack

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah website dengan vulnerability SQL injection. Sengaja nama website tersebut tidak saya publikasikan, karena artikel ini bukan tentang SQL injection melainkan bagaimana memecahkan enkripsi.

Berbeda dengan website lainnya, website tersebut menyimpan password dalam tabel user tidak dalam bentuk one-way hash (contohnya MD5 atau SHA1), melainkan dalam bentuk ter-enkripsi. Enkripsi yang dipakai juga unik karena tidak memakai algoritma enkripsi yang sudah dikenal luas.

Dalam kasus tersebut saya ingin melakukan privilege-escalation dari user dengan hak akses biasa menjadi user dengan hak akses penuh. Sebagai user biasa saya bisa melakukan SQLinjection untuk membaca username dan password dari tabel user. Dengan teknik tersebut saya mendapatkan encrypted password dari seorang user yang memiliki hak admin. Namun saya tidak bisa memakai password itu untuk menjadi admin sebelum saya mengerti pesan tersembunyi dalam chiphertext tersebut.

Continue reading »

0 komentar:

Posting Komentar